5 Tips Memilih Laptop Second

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

5 tips memilih laptop second ini wajib anda baca saat anda ingin membeli laptop second. Semua orang bisa membeli laptop second namun hanya beberapa orang yang mampu memilihnya secara benar dan tepat. Laptop merupakan kebutuhan primer di era modern seperti sekarang ini. Dunia yang berbasis IT menjadikan peranan laptop sangatlah dominan. Oleh karena itu maka anda tidak boleh salah memilih laptop second. 5 tips memilih laptop second ini memberikan informasi pada anda yang ingin mencari second baru secara benar.

netbook

1. Budget

Uang menjadi pertimbangan pertama saat anda ingin membeli laptop second. Anda harus menentukan batasan budget yang anda mampu. Jangan sampai karena hanya keinginan maka anda kehilangan kontrol terhadap keinginan anda. Biasanya jika dari awal tidak dibatasi maka, ketika hari H pemilihan laptop biaya akan membengkak sehingga anda sendiri yang akan rugi. Tentukan nominal maksimalnya seperti 3 juta. Setelah itu anda bisa memilih beberapa laptop yang memiliki harga sekitaran 3 juta. Dengan demikian laptop di dapat dan kondisi uang akan tetap terkendali.

2. Keyboard

Keyboard adalah hal selanjutnya yang harus menjadi perhatian. Setelah uang disiapkan dan anda mendapatkan barang yang anda inginkan maka tahap selanjutnya adalah melihat kondisi barangnya. Hal simpel yang harus dicek adalah keyboard. Sebelum memutuskan untuk membeli barang maka terlebih dahulu anda harus mencoba cara kerja keyboard. Pastikan semua bekerja dengan baik tidak ada salah satu keyboard yang tidak berfungsi. Hal ini berdasarkan pengalaman dari beberapa teman yang telah mengalamai laptop merk tertentu sering rusak di bagian keyboard. Maka dari itu anda harus teliti mengecek keyboardnya.

3. Memori

Pertimbangan berikutnya adalah pemerikasaan di bagian memori. Pastikan memori sesuai dengan standar dari pabrik. Maka sebelumnya anda bisa mencari informasi di internet mengenai standar memori yang telah ditentukan oleh pabrik. Misalnya notebook Lenovo S100 tertulis 1GB. Maka kondisi barang minimal memori harus 1 GB. Caranya pada notebook atau laptop klik bagian start, computer, klik kanan pilih properties dan lihat bagian installed memory (RAM) 1,00 GB. Jika demikian maka sesuai. Jika anda menemui kondisi memori telah berkurang dari standart maka tidak sempurna. Sehingga anda perlu mencari laptop lain.

4. Baterai

Hal berikutnya adalah kualitas baterai. Sebelumnya anda harus melihat keterangan daya tahan baterai. Caranya gampangnya adalah mengarahkan kursor pada icon baterai pada pojok kanan bawah. Ketika anda mengarahkan kursor ke icon baterai maka akan tertera keterangan daya baterai. Dan untuk memastikan, anda membutuhan waktu yang cukup lama.

5. Kondisi fisik barang

Setelah kondisi keyboard dan memori sesuai dengan keinginan anda maka tahap selanjutnya adalah melihat kondisi barang atau bisa dibilang fisik luarnya. Pastikan semua dalam kondisi mulus. Sehingga tidak akan terlalu terlihat bahwa laptop yang anda beli adalah barang second. Banyak orang bilang bahwa rego nggowo rupa (harga akan memperlihatkan kondisi barang). Barang mahal belum tentu barangnya bagus dan jga harga murah belum tentu barangya buruk. Maka yang dibutukkan adalah kejelian dan juga kecerdasan. Jadilah smart customer.

Semoga bermanfaat dan jadikan hari anda produktif dan positif. Sebagus apapun barang yang anda miliki tidak akan menjadi apa-apa jika anda tidak menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>