Belajar Huruf dengan Cepat dan Tepat

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

huruf

Bangganya orang tua jika anak tumbuh dengan cerdas, sehat dan juga bahagia. Itu merupakan harapan banyak orang tua. Perkembangan kecerdasaan anak menjadi topik utama bagi para orang tua ketika sedang berkumpul. anakku sudah bisa begini, sudah bisa begitu dan bisa-bisa yang lain. Nah betapa malunya kertika orang tua tidak bisa bercerita kepada teman tentang pertumbuhan anaknya yang lambat akibat kesalahan dalam proses sosialisasi primernya. Orang tua adalah guru terbaik bagi anak. Banyak orang bangga menyekolahkan anak yang masih balita kepada beberapa sekolah ternama sekaligus membawa nama sekolah termahal. Hal ini kebanyakan dilakukan bagi mereka yang gila akan pengakuan status sosial dalam masyarakat.

Namun sadarkah anda bahwa sebenarnya ini menjauhkan peran anda dalam perkembangan anak. Untuk tahap awal seharusnya orang tua menjadi pemeran utama dalam pembentukan karakter anak dan juga pengetahuan anak. Jika anda merasa kurang percaya diri terhadap kemampuan anda, maka belajarlah! Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Semua demi anak.

Tantangan besar bagi orang tua ketika sampai pada tahap memperkenalkan huruf pada anak yang berjumlah 26. Angka yang cukup besar bukan? Kebanyakan orang tua melakannya dengan cara monoton seperti menunjukkan pada anak “ini huruf A, ini B dan seterusnya”. Pada masa golden age ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yang menyenangkan pada anak. Karena pada tahap ini kemampuan otak anak sangat baik dalam menangkap informasi. Berikut ini merupakan cara belajar huruf dengan cepat dan tepat serta menyenangkan.

1. Pahami istilah “belajar”

Mengapa sebagian remaja pada jaman sekarang ketika mendengar kata belajar maka mereka akan cenderung menjadi beban dan juga tidak menyenangkan? Hal ini dikarenakan kesalahan pada masa kanak-kanak ketika bertemu dengan kata belajar. Belajar banyak dipahami sebagai sebuah kegiatan berada didepan buku, serius dan juga membosankan. Maka untuk menghindari ini maka kata belajar harus bermakna sesuatu yang menyenangkan dan membuat anak bahagia. Tahap pertama pengenalan huruf bisa anda mulai dengan mengajak anak “ayo sayang kita bermain huruf” jangan menggunakan “ayo sayang kita belajar huruf” hal ini memiliki makna yang berbeda. Dunia anak adalah dunia bermain maka sisipkanlah beberapa cara belajar dalam permainan

2. Huruf untuk bermaian

Sekarang ini mainan anak sudah beragam jenisnya sehingga anda harus smart dalam memilih mainan yang tepat untuk anak. Untuk memperkenalkan anak pada huruf sebaiknya anda menggunakan huruf puzzle warna. Sehingga anak dapat menyentuh dan merasakan bentuknya sehingga akan terekam dalam memori. Ketika anak sudah bermain dengan huruf puzzle tadi maka jangan langsung memberi tahunya bahwa ini A, B, C dan seterusnya. Biarkan mereka akrab dengan berbagai bentuk huruf tadi. selain itu anak juga akan mengenal warna.

3. Belajar dalam bermaian

Untuk membuat anak akrab dengan huruf maka anda dapat memilih berbagai permaianan dan anda harus terlibat dalam permaianan tersebut. Pertama, adalah membuat tumpukan huruf. Hal ini akan mengajarkan pada anak ketelitian, keseimbangan dan juga cara penyelesaian masalah. Caranya adalah mengajak anak untuk berlomba membuat tumpukan paling tinggi. Ketika anak diajak lomba maka ia akan terpacu untuk melakukan sesuatu dengan semangat dari pada hanya menyuruh. Kedua, anda bisa memnyiapkan tiga wadah ember atau ceting . Satu wadah untuk satu sisi dan dua wadah untuk sisi lainya yang bersebrangan. Beri jarak empat meter. Ajak anak untuk berlari mengambil huruf dengan pilihan warna yang sama. Permainan dengan gerak cenderung diminati dan juga menyenangkan.

4. Gunakan istilah

Ketika anak sudah akrab dengan bentuk dan warna huruf maka tahap selanjutnya adalah memperkenalkan anak pada nama huruf. Ingat jangan sekali-kali mengatakan ini A,B,C dan seterusnya. Anda bisa menggunakan istilah yang sudah akrab dan dekat dengan mereka. A bisa anda kenalkan dengan Apel atau nama lain yang akrab dengannya. Hal yang sudah saya praktekkan adalah setiap huruf saya istilahkan misalnya B  “Bagiyo” ini adalah naman kakeknya, C Cha-cha ini nama jajan kesukaannya, G Giftha, kalau yang ini adalah namannya. Nah cara seperti ini akan mempermudah anak memahami huruf dan merkamnya dengan cepat. Hak yang mengejutkan bagi saya ketika ia melihat huruf itu disuatu tempat ia mengatakan”bu lihat itu A Apel nggantung, awas hati-hatinya” ketika itu ia melihat segitiga warna merah di sebuah truk. Dan banyak hal menakjubkan lainnya.

5. Penguatan memori dengan lagu

Setelah anak paham akan nama huruf maka perkuatlah memori tersebut dengan menggunakan lagi. Lagu ABC banyak tersedia di youtube sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan anda dan buah hati. Tahap menyanyi ini bisa anda lakukan dengan gerakan. Percayakah ini akan menyenangakan.

Smart kids, happy mom!

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone
Tags:,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>