Cara Mudah Mengetahui Kesehatan Baterai Smartphone

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

bateray smartphone

Cara mudah mengetahui kesehatan baterai Smartphone adalah dengan memahami berbagai gejala yang diakibatkan oleh baterai anda. Baterai merupakan perangkat smartphone yang berperan penting. Semua orang sudah paham bahwa baterai merupakan perangkat yang menyimpan energi untuk memperlancar proses kerja Smartphone. Makanya banyak orang mengeluh jika dalam perjalanan atau moment-moment penting kehilangan daya baterai. Sehingga tanpa baterai anda akan mati gaya karena tak bisa mengoperasikan smartphone.
Bagi anda pengguna aktif smartphone harus paham betul kondisi kesehatan baterai. Kebanyakan orang hanya fokus pada tampilan luar sebuah smartphone. Terkadang karena baterinya tidak sehat maka banyak orang yang berperilaku bohong. Bergaya mainan smartphone namun nyatanya smartphone mereka sedang kehabisan daya. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan gaya. Masalah pengguna smartphone yang sering muncul adalah keluhan baterai tidak tahan lama yang disebabkan karena aktifitas aktif di internet sehingga smartphone memerlukan daya yang besar. Dengan demikian anda harus melakukan management pengunaan smartphone anda. Nah sekarang yuk kita cek bersama bagaimana cara mudah mengetahui kesehatan baterai smartphone kesayangan anda.
1.    Fisik baterai
Cara pertama yang mudah adalah dengan memeriksa kondisi fisik baterai smartphone anda.  Anda bisa memeriksanya, apakah secara fisik kondisinya baik atau tidak. Untuk melakukannya anda bisa melepas baterai dari smartphone anda. Kemudian tahap selanjutnya adalah memeriksa seluruh bagian baterai. Apakah ada yang rusak atau tidak. Masalah yang sering muncul saat memeriksa baterai adalah baterai dalam kondisi benkak. Namun cacatan ini tidak bisa lepas dari pengalaman pribadi. Slanjutnya memastikan adalah karat atu noda lain yang sekiranya dapat mengganggu kinerja baterai. Tips yang satu ini tidak akan berfungsi pada tipe smartphone dengan sistem naretai tanam.
2.    Tes fisik
Tes fisik yang bisa anda lakukan terhadap baterai adalah dengan memutarnya. Kondisi yang masih mulus bukan berarti ia dalam keadaaan sehat. Untuk mengecek dengan cara memutar bukan sembarangan memutar namun ada tekniknya. Cara mudah yang bisa anda lakukan untuk memutarnya adalah dengan meletakkan baterai di permukaan datar.  seperti meja, jika putarannya sempurna maka ia dalam keadaan sehat. Namun jika tersendat-sendat maka kondisinya tidak sehat.
3.    Durasi pengisian daya
Tahap berikutnya anda bisa memastikan kesehatan baterai smartphone anda dengan mengecek proses pengisisan daya anda. Caranya adalah dengan memperhatikan icon baterai pada layar smartphone Anda. Jika proses pengisian data anda terlalu lambat atau terlalu cepat maka kondisi kesehatan baterai menurun.
4.    Daya tahan baterai
Banyak orang memahami jika baterainya cepat habis maka orang mengatakan baterainya sedang drop. Apalagi smatphone yang aktif digunakan untuk internet maka baterai akan cepat habis. Dan bahkan akan berkurang ketika baterai tidak digunakan. Jelas bahwa baterai anda tidak sehat.
5.    Penggunaan aplikasi
Smartphone sekarang banyak yang digunakan untuk aplikasi game tertentu. Alasannya adalah untuk mengisi waktu luang. Makanya banyak yang mati gaya  ketika smartphone mereka mati.  Namun sekarang anda tidak perlu khawatir dan repot untuk melakukan rangkaian pengecekan tadi karena sekarang ada aplikasi yang bisa anda download. Untuk android anda bisa menggunakan aplikasi MacroPinch di playstore.dan untuk iPhone bisa menggunakan aplikasi iBackupBot.
Nah sekarang cara mudah mengetahui kesehatan baterai smartphone sudah anda ketahui. Sehingga mulai detik ini anda sudah bisa mengidentifikasikan kesehatan baterai anda. Sehingga langkah yang tepat bisa anda tentukan dengan segera.

 

 

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>