Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial

Masyarakat modern seperti sekarang ini tidak bisa dipisahkan dari media sosial atau yang akrab disebut dengan medsos.  Medsos sudah merupakan media eksistensi diri bagi masyarakat. Medsos adalah dunia bagi masyarakat maya untuk mengumbar keseharian dan luapan emosi mereka.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa medsos menimbulkan ketergantungan bagi para penggunanya. Kata lebaynya, lebih memilih tidak makan nasi dari pada tidak eksis dimedia sosial. Dalam sehari orang dapat berganti status hingga puluhan kali dalam rangka meneguhkan eksistensinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa dampak positif dari adanya medsos,

  1. Meningkatkan Tali Silaturahmi.

Akun group dari berbagai  kalangan dan juga jenjang telah menjadi sarana efektif  dalam membangun kembali tali silaturahmi antar keluarga dan juga teman lama. Setiap masyarakat pengguna  media sosial akan sangat dimudahkan dalam mencari sahabat dan kerabat yang telah lama lost contact. Hal ini dapat dibuktikan dnegan adanya berbagai group yang telah dibuat mulai dari group alumni TK, SD,SMP,SMA, Kuliah, RT, RW,Guru, MGMP bahkan Keluarga besar menggunakan Group sebagai media untuk bertukar kabar berita.

  1. Transfer Data Mudah

Media Sosial sekarang ini sudah semakin canggih. Dengan aplikasi yang semakin disempurnakan maka mempermudah dalam menjalin komunikasi bahkan bisnis. Media Sosial seperti WhatsApp sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengirim file. Jika dulu untuk mengirim file harus menggunakan email maka sekarang file dokumen, foto, contact, lokasi dan Audio bisa tersebar dengan mudah. Informasi akan semakin cepat.

  1. Media Hiburan

Media Sosial memang telah menjadi candu bagi sebagaian besar orang. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa medsos bisa dijadikan sebagai hibuaran. Kata anak-anak jaman sekarang “agar tidak suwung” (suwung: bahasa jawa yang menggambarkan kondisi jomlo). Dengan medsos orang bisa tertawa dan bahagia saat melihat status maupun komen yang gokil abis.

  1. Wadah Kreatifitas

Sebagai orang malu untuk menunjukkan kreatifitas dan keunggulannya. Namun di media sosial semua orang bebas berkreasi dan berkarya. Misalnya puisi, cerpen, humor, video,nasehat,  editing gambar dll tersebar bebas dimedia sosial. Semua orang bebas mengapresiasikan diri namun harus diperhatikan bahwa semua harus dilakukan dengan tanggung jawab.

  1. Menjaga Eksistensi Diri

Status dalam media social sangatlah penting bagi sebagian orang. Karena hal ini menunjukkan eksistensi diri. “gak update status berarti gak eksis”. Jadi hal ini juga mampu memberikan informasi kepada rekan dan saudara aktifitas yang sedang dilakukan dan menggambarkan bahwa “saya baik-baik saja”  atau “something trouble of me”.

 

 

  1. Marketing yang Efektif

Media sosial merupakan sarana marketing atau pemasaran yang sangat efektif dalam memperkenalkan barang dagangan atau bisnis yang lainnya. Dengan medsos banyak orang tau barang barang bagus, tempat wisata keren, tujuan kuliner yang unik hingga berbagai diskon yang menggiurkan. Semua dimudahkan dengan medsos. Para produsen mudah mempromosikan, sedangkan konsumen mudah mendapatkan informasi.

Dampak positif dan kemudahan diatas merupakan hal yang dapat dinikmati oleh para pengguna medsos. Namun masyarakat juga harus jeli dan kritis dalam menggunakan medsos. Berbagai kemudahan itu tentu saja ada hal negatif yang harus kita cermati bersama, agar penggunaan medsos bisa efektif dan bermanfaat bagi khalayak umum.

Berikut ini merupakan dampak negatif dari media social:

  1. Berita Hoax

Dengan mudahnya penyebaran informasi dari medsos maka hal ini juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan berita tidak benar atau sering disebut “hoax”. Maka dari itu para pengguna medsos harus cerdas dan kritis dalam menyikapi semua berita yang diterima melalui medsos.

  1. Sarana Permusuhan

Sudah bukan rahasia lagi kalau medsos juga dijadikan sebagai sarana permusuhan. Saling melempar kata-kata pedas untuk menyakiti seseorang. Segala kata yang ada dalam medsos tidak ada filter sehingga semua orang bebas berpendapat. Karena sesungguhnya filter itu ada pada diri pengguna medsos itu sendiri.

  1. Sarang Hater

Identitas para pengguna medsos tidak dapat dijamin keaslian akun yang dimiliki. Dengan demikian orang bisa memiliki lebih dari satu akun, sehingga banyak akun abal-abal yang tersebar dalam medsos. Kebebasan inilah yang menjadikan mereka yang tidak bertanggung jawab bebas menghina siapapun yang mereka inginkan dengan kata-kata yang paling pedas dan paling tidak sopan. Mereka disebut haters. Namun bagi yang berpositif thinking mengatakan bahwa haters merupakan pengemar sejati yang malu mengakui idolanya.

  1. Penipuan

Para pengguna medsos belum secara keseluruhan cerdas dalam penggunaannya maka dari itu penipuan banyak terjadi di dunia medsos. Mulai dari undian, rejeki nomplok, traveling dan lain-lain merupakan bahan yang sering diterima mentah oleh sebagian masyarakat sehingga penipuan masih terjadi.

Pada intinya masyarakat sekarang ini harus cerdas dalam menggunakan medsos, sehingga hanya manfaat positif yang didapatkan. Ayo para pengguna medsos mari kita menyebarkan kebaikan melalui media sosial.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>