Fakta: Terlalu sering mandi air hangat bisa menyebabkan kulit bersisik

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

 

Fakta: Terlalu sering mandi air hangat bisa menyebabkan kulit bersisik

Fakta: Terlalu sering mandi air hangat bisa menyebabkan kulit bersisik

Siapa sih yang nggak suka mandi air hangat?? Bagi sebagian orang, mandi air hangat menjadi solusi utama ketika kita capek melakukan aktivitas yang melelahkan selama seharian. Selain itu, mandi air hangat bisa melemaskan otot otot yang kaku dan tegang.  Mandi dengan air hangat menyenangkan apalagi ketika dingin atau hujan. Tapi catat, mandi air hangat terlalu sering tidak baik apalagi untuk kulit. Mandi dengan air hangat bisa mengurangi kelembaban kulit kita loh guys. Mau tahu penjelasnnya?? Berikut ulasanya.

Mandi dengan suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit gatal, merah dan iritasi, bahkan terkelupas. Jelas hal ini tidak dapat ditolerir. Apalagi untuk kalangan wanita, kulit bermasalah merupakan musuh utama mereka. Mandi air hangat yang terlalu sering pun bisa merusak kelembaban kulit dan menyebabkan kulit bersisik, kasar dan kering.

 Bukan hanya mandi air hangat yang terlalu sering saja yang tidak bagus untuk kesehatan kulit. Mandi terlalu lama juga dapat membuat kulit keriput dan mengkerut. So, hal ini haruslah dihindari. Selain itu, penggunaan sabun yang berlebihan dan terlalu keras juga dapat merusak kesehatan kulit. Apalagi sabun yang beraroma, itu haruslah dihindari guys.

Nah, yang harus kita lakukan setelah itu adalah mengganti sabun dengan sabun yang lembut yang mengandung pelembap. Karena apa??  Ketika digunakan, sabun yang berpelembap akan terasa agak ‘licin’ di kulit walau sudah dibilas dengan air. Sementara itu, sabun antiseptik membuat kulit menjadi kesat karena meluruhkan minyak alami kulit. Padahal kita tahu sabun antiseptik bagus untuk kesehatan kulit. Namun faktanya sabun yang berpelembab lebih bagus karena minyak alami kulit tetap terjaga.

 Nah, ini juga point penting yang harus kita ketahui guys. Kita tidak boleh mengusap kulit menggunakan handuk dengan kasar, apalagi setelah mandi air hangat. Sebaiknya, Keringkan tubuh dengan handuk lembut sambil ditepuk-tepuk. Setelah mandi, segera oleskan pelembap di seluruh tubuh untuk mengunci kelembapan alami kulit. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembap dengan tekstur yang lebih kental, seperti body cream atau body butter. Namun, jika kulit Anda tidak terlalu kering dan Anda sering berada di lingkungan yang cukup panas, body lotion saja sudah cukup.

 Guys kita telah membahas tentang dampak mandi air hangat yang terlalu sering. Jadi, kita harus terbiasa mandi dengan air dingin. Karena mandi dengan air dingin lebih mampu membuat tubuh kita fresh dan sehat. Kalau kalian mau.mandi air hangat boleh kok, tapi jangan terlalu sering ya untuk menghindari resiko terhadap kulit ya…

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>