Keutamaan Bulan Ramadhan

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Keutamaan Bulan Ramadhan

 

Ibadah dapat, cantikpun dapat!

Keutamaan Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan juga cinta, oleh karena itu umat muslim berlomba-lomba untuk beribadah dibulan Ramadhan.  Kebaikan yang dilakukan dibulan ini akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Bahkan kelak jika kita menjalani ibadah puasa ini dengan sempurna maka akan diampuni segala dosa saat Hari Raya Idul Fitri.

Betapa luar biasannya bulan Ramadhan ini. Bulan Ramadhan menjadi istimewa karena beberapa alasan diantarannya adalah,

Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an yang telah tertera dalam  QS. Al-Baqarah 185 yang artinya:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

Bulan Keberkahan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang baik untuk manusia kembali kejalan yang benar, menjalani hidup dengan benar dan memaknai hidup dengan benar. Mengapa? Karena bulan ini adalah bulan keberkahan, jadi kebaikan apapun, sekecil apapun akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Jadi adakah alasan lain untuk tidak beribadah dibulan ini?

Peningkat Ketaqwaan

Puasa yang dijalani selama bulan Ramadhan mengajarkan banyak hal pada umat muslim. Bukan hanya sekedar menahan lapar, haus, nafsu dan emosi namun mengajarkan pada umat muslim untuk bisa mengendalikan diri dan pada akhirnya dapat meningkatkan ketaqwaan. “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Baqarah 183)

Pahala Berlipat Ganda

Amal sholeh yang dikerjakan pada bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda bahkan sampai 70 kali lipat.

Bulan Pengampunan Dosa

Selain sebagai bulan berlipat ganda pahala, bulan Ramadhan juga merupakan bulan pengampunan. Maka marilah kita sempurnakan puasa agar mendapatkan pengampunan dan dikembalikan pada kesucian pada hari raya Idul Fitri kelak.

 

Surga Dibuka, Neraka Ditutup

Dan pada bulan ini telah dijelakan bahwa,

“Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)

Super waw, bagaimana kita bisa mengingkari kenikmatan ini?

Malam Lailatul Qadar

Setiap malam dalam bulan Ramadhan memiliki keutamaan sehingga sangat sayang jika harus melewatkan ibadah malam salah satunya shalat tarawihnya. Pada 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan, adalah waktu yang terdapat Lailatul Qadar. Malam ini adalah malam penuh mukjizat, sehingga sebaiknya dijalani dengan positif dan hendaknya diisi  dengan doa-doa yang baik.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3

Selain berbagai keutamaan tersebut diatas maka bulan Ramadhan juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mempercantik diri baik fisik maupun non fisik.

Kecantikan jiwa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang pas untuk mempercantik diri. Pancarkan cantik anda dengan berbagai ibadah seperti menyempurnakan puasa, membaca Al Qur’an, shalat sunnah, sedekah, zakat dll. Semakin sering anda berwudhu dalam rangka menjalankan ibadah maka kecantikan kulit anda akan semakin terpancar.

Tidak perlu perawatan mahal, hanya cukup dengan menggunakan air wudhu. Ini bukan omong kosong. Gak percaya????? silahkan buktikan sendiri selama satu bulan Ini!

Kecantikan Fisik

Kecantikan fisik akan terpancar jika inner beauty anda telah keluar dengan sempurna. Kecantikan fisik hanyalah terusan dari kecantikan jiwa anda. Dalam jiwa yang cantik terdapat tubuh yang sehat..he..he..

Selain ibadah maka bagi anda yang memiliki berat badan lebih, maka bulan puasa adalah bulan yang pas untuk menjadikan tubuh anda ideal. Kebayakan orang ada yang bilang bahwa puasa, berat badan kok malah naik. Ini disebabkan bahwa mereka terlalu rakus saat berbuka. Bahkan mengganti makan siang dengan makan sepuasnya saat malam.

Jika anda memang serius untuk menuju berat ideal anda maka kuncinya adalah jangan rakus. Makanlah secukupnya dan fokus pada ibadah. Maka berat ideal adalah hal yang mudah untuk dicapai. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Diet yang Sehat

Selamat menunaikan ibadah Puasa, semoga kita semua mendapat keberkahan dan juga mukjizat bulan Ramadhan.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>