Makanan penyebab bau mulut

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Makanan penyebab bau mulut

Bau mulut bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli cantik, tampan, kaya ataupun miskin. Semua bisa mengalamai masalah bau mulut. Pada dasarnya bau mulut disebabkan oleh kondisi gigi yang tidak sehat misalnya berlubang. Selain itu juga bisa disebabkan oleh faktor makanan. Walaupun anda rajin sikat gigi namun anda tidak mengenali makanan penyebab bau mulut, itu akan percuma saja.
Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan anda mengalami masalah bau mulut.
1.    Menu sarapan

menu sarapan
Menu sarapan yang tidak pas akan memyebabkan bau mulut. Beberapa makanan yang dapat memicu bau mulut ketika sarapan adalah nasi goreng dan juga mi goreng . kedua makanan ini  karena kondisinya berminyak  maka akan terasa kering dimulut dan hal ini akan membuat mulut anda bau.
Oleh karena itu setelah makan nasi goreng sebaiknya anda makan buah segar yang dapat menetralisir mulut anda dari minyak. Selain itu anda dapat meminum teh atau wedang jeruk hangat.
2.    Keju

keju
keju merupakan jenis makanan yang mengandung Asam amino . Kandungan ini jika dimakan dan meninggalkan sisa dimulut maka akan bereaksi dengan bakteri yang ada dalam mulut. Setelah itu akan memproduksi sulfur dalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut.
3.     Kopi

kopi
Konsumsi kopi berlebih juga dapat merusak gigi dan juga menyebabkan bau mulut akut. Air liur yang diprosuksi dalam mulut berfungsi untuk membasuh bakteri dalam mulut. Kandungan kafein dalam kopi akan mengganggu kerja air liur, sehingga bakteri akan semakin berkembang biak dan akan menyebabkan bau mulut.
Bau mulut akibat konsumsi kopi berlebih akan semakin meningkat pada saat pagi hari. Hal ini disebabkan karena pada saat anda tidur, prosuksi air liur sangat sedikit. Sebaiknya setelah minum kopi, anda sikat gigi dan juga minum air putih untuk menetralisir bau mulut.
4.     Rokok

rokok
Rokok merupakan teman dekat dari kopi. Tak ada kopi tanpa rokok. Inilah peribahasa yang digunakan para pecandu kopi dan rokok.  Kebiasaan menghisap rokok akan membuah bau mulut dan paling parah adalah bau badan. Asap rokok lama kelamaan akan menyatu dengan tubuh sehingga bau badan dan juga mulut anda sama seperti bau rokok.
5.    Kebiasaan makan sebelum tidur

makan malam
Kebiasaan makan sebelum tidur tanpa diakhiri dengan sikat gigi hanya akan memicu bau mulut. Pastikan ketika mau tidur kondisi mulut bersih dan segar. Makan malam yang dapat memicu bau mulut adalah pisang. Pisang memiliki kandungan ketika dimakan akan meninggalkan sejenis tepung dimulut. Sehingga ketika bangun tidur tepung ini kan terasa tebal dimulut. Dan hal ini akan membuat bau mulut anda semakin parah.

Mari mulai hidup sehat dan jauhi bau mulut. Karena bau mulut hanya akan merusak komunikasi kita dengan orang lain.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>