Manfaat Puasa bagi Anak

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Manfaat Puasa bagi Anak

 

Syukur alhamdulillah saat ini adalah bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Selain bulan penuh berkah maka bulan ini juga merupakan bulan yang sangat tepat untuk mengajarkan pada anak pentingnya menjalankan ibadah puasa.

Puasa memiliki banyak manfaat terutama bagi anak-anak yang baru mengenal ibadah puasa. Puasa telah diwajibkan bagi anak yang telah balig, namun bagi anak yang belum mencapai masa itu maka moment ini adalah moment yang pas untuk memberikan pendidikan tentang puasa. Anda sebaiknya mengenalkan tentang ibadah puasa pada saat anak sudah  bisa diajak komunikasi. Atau bahkan sejak dalam kandungan anda telah bisa melakukan pendidikan puasa kepada janin. Baru setelah dua tahun anda bisa mengenalkan secara lisan. Tidak peduli anak tahu atau tidak tentang puasa, yang penting anda telah mengenalkan kata puasa.

Jika kata-kata ini sering didengar anak, maka anak akan akrab dengannya dan pada waktunya nanti ia akan paham dengan sendirinya. Pada umumnya anak telah berlajar puasa pada usia 4 tahun. Belajar itu dimulai dengan puasa setengah hari.

Pada anak-anak SD sudah mengenal adanya gengsi. Mereka umumnya gensi jika cerita dengan teman bahwa puasanya hanya setengah hari. Hal ini tentu saja bisa menjadi motivasi anak untuk menjalankan puasa secara penuh.

Anda sebagai orang tua harus memberikan motivasi yang positif agar anak semangat untuk menjalankan ibadah puasa dengan menyenangkan. Berikan pemahaman sesuai dengan bahasa mereka agar bisa dimengerti. Berikut ini adalah manfaat puasa bagi anak-anak,

Mendekatkan anak kepada Allah

Puasa merupakan cara mudah untuk memperkenalkan anak kepada Allah. Berikan pemahaman kepada anak bahwa puasa adalah perintah Allah yang harus dijalankan demi kebaikan manusia. Selain itu beri pengetahuan juga tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Jadi selain patuh ada dasar logis yang melatarbelakanginya.

Sebagai umat muslim puasa merupakan kewajiban, sehingga anda bisa memperkenalkan anak tentang pahala dan dosa. Sebagai umat muslim ketika menjalankan puasa dengan ikhlas dan iman maka akan mendapatkan pahala dan sebaliknya jika kita mengingkarinya maka akan mendapatkan dosa.

Mengajarkan anak bersyukur

Puasa memberikan pelajaran yang bermanfaaat. Dengan berpuasa akan meningkatkan rasa syukur. Anak akan semakin menghargai makanan karena berapun banyaknya makanan, selama berpuasa maka makanan itu tidak boleh dimakan.

Untuk menu berbuka jangan sajikan makanan yang berlebih sehingga semakin membuat anak meningkatkan rasa syukur. Setelah seharian berpuasa dan saat tiba waktunya berbuka maka makanan akan benar-benar dinikmati oleh anak. Dengan begitu anak tidak akan sembarangan untuk membuang makanan atau tidak lagi pilih-pilih makanan.

Makanan adalah hal yang berharga, apapun menu dalam sahur dan buka harus disyukuri karena banyak orang yang kekurangan makanan. Moment puasa juga waktu yang pas untuk mengajarkan pada anak untuk bersedekah. Sedekah mengajarkan anak untuk berbagai dan menyadarkannnya bahwa ia termassuk anak yang beruntung.

Belajar disiplin

Waktu makan yang telah ditentukan saat puasa mengajarkan kepada anak tentang berdisiplin waktu. Jika anak ingin puasa maka ia harus belajar bangun pagi untuk sahur. Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan anak. Menjelang berbuka libatkan anak untuk menyiapkan makanan. Dengan melibatkan anak, anda menunjukkan bahwa dengan berpuasa anak telah memiliki peran yang penting.

Biasakan untuk berdoa sebelum berbuka dan sahur. Dengan begitu anak akan berdisiplin dalam berdoa. Pembiasaan puasa pada anak juga akan membentuk fisik anak ideal. Dengan pengarahan yang benar, anak akan belajar untuk berdisiplin tentang makan dan menjadi tidak rakus. Karena jika salah pengarahan, anak akan menjadi rakus untuk balas dendam saat berbuka setelah seharian berpuasa.

Badan menjadi sehat

Selain membuat badan menjadi ideal, maka puasa juga sangat menyehatkan bagi jasmani dan rohani. Asupan makanan yang semakin terkontrol menjadikan tubuh lebih sehat. Tentu saja saat berbuka dan sahur, nutrisi akan lebih diperhatikan sehingga kebutuhan tubuh anak akan terpenuhi dengan baik. Biasakan menu yang sehat dengan memberikan banyak sayur dan buah serta banyak minum air putih.

Merekatkan hubungan keluarga

Puasa akan merekatkan hubungan keluarga. Moment-moment penting itu adalah saat sahur dan berbuka. Sesibuk apapun orang tua, maka sahur adalah waktu yang pas untuk memupuk kebersamaan. Usahakan memberikan suasana kebersamaan dalam berbuka dan sahur. Agar anak termotivasi dan bersemangat dalam menjalakan ibadah puasa.

Mendidik anak untuk jujur

Puasa juga mengajarkan anak untuk berlaku jujur. Puasa adalah menahan lapar, haus dan juga menahan emosi. Jika tidak dijalani dengan kesadaran iman maka hal ini bisa dijadikan peluang untuk berbohong. Namun dengan pemahaman yang baik, puasa menjadikan anak berperilaku jujur. Jujur pada diri sendiri, pada orang tua dan pada Allah SWT. Sehingga anak akan bisa menempatkan diri dimana ia berada.

Demikian berbagai manfaat puasa untuk anak. Catatan pentingnya, bahwa manfaat itu bisa diperoleh assalkan anda memberikan teladan yang konsisten. Apapun yang anda ajarkan maka kerjakan. Sehingga anak akan merasa adil dan layak untuk menjadi lebih baik.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>