Minum Bisa Menyebabkan Mati

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Minum Bisa Menyebabkan Mati

Setelah membaca judul diatas, pasti banyak pertanyaan yang muncul diotak kalian. Kok bisa??? Padahal kita semua tahu bahwa minum itu sangat penting untuk kesehatan. Lalu, bagaimana bisa minum menyebabkan kematian? Yuk guys kita simak artikel di bawah ini.

Minum yang bisa menyebabkan mati disini adalah minum yang melebihi batas maksimum atau sering disebut over. Memang air merupakan kebutuhan utama bagi manusia, karena 70% tubuh manusia mengandung air. Betul kata orang bahwa Manusia bisa tahan lapar tetapi manusia tidak akan bisa tahan haus. Betul??? Coba bayangkan apa yang terjadi bila tubuh kita kelebihan air. Setidaknya manusia wajib minum air putih sebanyak 8  gelas sehari.

Kita tidak diperbolehkan menggunakan sesuatu dengan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kita banyak menjumpai orang yang minum air sebanyak-banyaknya tanpa memperdulikan batas. Sebenarnya ini merupakan hal yang salah guys. Justru hal seperti inilah yang dapat membahayakan tubuh. janganlah minum air terlalu banyak karena air tidak mengandung cukup ion ion untuk mengganti ion yang hilang. sebagai gantinya minumlah minuman isotonik yang dapat mengganti ion ion tubuh yang hilang. Seperti perumpamaan : ada sebuah printer yang terdiri dari berbagai macam warna. jika salah satu warna itu habis maka kinerjanya menjadi tidak benar. warna warna tersebut merupakan ion ion tubuh, air, gula, protein dll. jadi jika salah satunya kurang atau habis akan terjadi ketidak seimbangan yang berbahaya.

Kelebihan air minum atau bisa disebut dengan nama Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran, kejang-kejang, koma dan bahkan kematian. Menyeramkan bukan? Disebut dalam buku “Terapi Kesehatan dan Kecantikan dengan Air Putih” bahwa terlalu banyak minum air telah merenggut setidaknya selusin orang didunia dan dilaporkan telah dialami oleh setidaknya 1600 orang di mancanegara.

Jika kita sudah terlanjut minum air terlalu banyak, jangan khawatir guys. Ada solusi untuk mengatasi hal ini. Overhidrasi sering ditandai dengan rasa mual dan pusing sesaat setelah meminum air terlalu banyak. Untuk mencegahnya agar tidak bertambah parah, segera hentikan konsumsi air dalam beberapa waktu ke depan dan berikan obat diuretik untuk memicu pengeluaran cairan melalui urin.Gejala sakit kepala, kejang, dan mual dapat diatasi dengan memberikan pengobatan sesuai dengan gejala yang dialami penderita.

Nah, sebenarnya bukan hanya kelebihan minum saja yang membahayakan guys. Kekurangan minum juga sangatlah berbahaya bagi tubuh. Perlu kalian ketahui, bahwa kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, letih dan lesu. Kerja otakpun menjadi terganggu karena fokus kita berkurang. Selain itu, kita juga perlu tahu bahwa semua kinerja organ dalam sangat teramat bergantung pada air.

Jika seseorang kekurangan air, maka lama kelamaan akan mengalami banyak gejala seperti mual, sakit kepala, lemah, muntah dan kram otot. Nah, kekurangan minum air akan membuat darah kental dan ginjal akan kesulitan menyaring racun. Otomatis ginjal lama kelamaan akan rusak dan darah mudah sekali kental.

Namun, berapapun jumlah air yang harus  kita minum, pada intinya adalah kita harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena tanpa adanya konsumsi air yang cukup maka kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan air yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Selain itu, minum air putih pada waktu yang tepat juga harus dilakukan agar dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh.

Membiasakan diri untuk mempraktikkan gaya hidup sehat memang tidak mudah, namun kita harus senantiasa berusaha. Memang kita tidak akan merasakan efeknya sekarang, namun lihat berberapa tahun ke depan kita akan merasakan dampak yang besar karena kebiasaan kita. Jadi mulai sekarang, yuk guys kita biasakan hidup sehat.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>