Nikmatnya Manfaat Durian

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

manfaat du

Durian, sang raja buah yang lezat. Sejarah secara pastinya sih belum tau mengapa durian disebut sebagai raja buah. Kalau bentuknya yang besar, mungkin samalah dengan kelapa. Atau mungkin kulitnya yang berduri namun menyimpan kenikmatan yang luar biasa. Hemmm nyumi, namun ada loh yang gak doyan sama buah yang satu ini. Bahkan yang mencium baunya saja ada yang pusing dan muntah. Langsung saja, bagi anda yang doyan sama buah yang satu ini bisa bernapas lega karena ternyata buah ini punya segudang manfaat bagi kesehatan anda. Mau tau apa saja manfaatnya? Ini dia,

1. Merilekskan pembuluh darah

Durian kaya akan potasium, mineral yang berfungsi sebagai penyeimbang kadar garam dan cairan di dalam tubuh. Lalu apa kaitannya dengan tubuh yang rileks? Saat jumlah potasium dalam tubuh tercukupi maka, pembuluh darah akan menjadi rileks, berkurangnya stress dalam sistem kardiovaskular, mengurangi risiko serangan jantung, atherosclerosis dan stroke. Ketika tubuh rileks maka akan meningkatkan oksigen dalam darah. Dan jika ini terjadi maka akan mengurangi resiko kepikunan atau Alzheimer.

2. Melancarkan pencernaan

Buah kaya akan manfaat serat, begitu juga dengan durian. Serat dalam durian sangat baik untuk tubuh. Sudah bukan rahasia lagi jika serat akan berperan aktif dalam kinerja usus. Sehingga sisa makanan akan bergerak lebih lancar melalui saluran usus. Selain itu serat dalam durian juga akan merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan didalam pencernaan dan juga lambung. Hal ini juga berdampak pada lancarnya pembuangan kotoran. Dengan demikian anda akan terhindar dari sembelit, kembung, mulas, dan kram dan risiko gangguan pencernaan lainya. Jenis serat dalam durian merupakan serat tidak larut, yang berfungsi untuk menurunkan frekuensi diare. Selain fungsi tersebut, serat durian juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Tidur lebih pulas

Sudah makan enak, tidur pulas pula. Sungguh buah yang luar biasa. Durian mengandung tryptophan, yang merupakan sejenis senyawa yang menyebabkan rasa kantuk. Tryptophan yang masuk ke otak akan diubah menjadi serotonin. Serotonin ini akan mendorong produksi metmlatonun. Hormon melatonin adalah hormon yang menimbulkan perasaan mengantuk dan membuat Anda rileks serta pulas ketika tidur.

4. Mencegah kanker

Durian banyak mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, E dan fitonutrien yang bersifat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas. Sudah menjadi informasi umum jika radikal bebas dapat merusak DNA sel sehat dan bisa menjadi sel kanker. Maka dari itu mengkonsusi buah durian juga baik untuk menjaga tubuh.

5. Mengurangi resiko anemia

Selain berbagai vitamin diatas maka durian juga mengadung asam folat, zat besi dan tembaga yang berfungsi untuk produksi sel-sel darah merah. Sehingga, baik bagi anda yang menderita anemia.

6. Baik untuk tulang

Durian juga mengandung sumber alami magnesium, potassium, mangan, dan tembaga yang sangat bermanfaat dalam pertumbuhan tulang. Dengan demikian tulang yang sehatpun akan didapat, karena potasium dapat meningkatkan efektivitas penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh. Sehingga resiko osteoporosis akan berkurang.

7. Melancarkan aktivitas seksual

Ada bebrapa penelitian yang menyebutkan bahwa durian dapat meningkatkan libido dan stamina seks, serta mengurangi kemungkinan infertilitas pada pria dan wanita. Dan juga meningkatkan motilitas sperma. Jika diingat-ingat ketika makan durian maka suhu tubuh akan meningkat sehingga aktifitas seksual akan terasa menyenangkan. Setelah itu tidur akan dua kali lebih pulas dan juga rileks.

Nah demikianlah segudang manfaat dari durian. Namun perlu diperhatikan durian juga mengandung lemak yang jumlahnya lebih banyak dari buah manapun. Selain itu juga mengandung senyawa alcohol yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan meningkakan resiko darah tinggi. Jenis lemak dalam durian adalah lemak baik. Namun demikian makanlah sesuai standar tidak perlu berlebihan. Karena semua yang berlebihan akan berdampak tidak baik bagi anda. Semua harus seimbang sesuai kemampuan tubuh.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>