Peran Ayah, Sempurnakan Pertumbuhan Anak

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

peran ayah

Ayah merupakan sosok sentral dalam keluarga. Ayah dalam pandangan tradisional  dianggap sebagai satu-satunya orang yang berhak untuk bekerja disektor publik, sehingga ibu merupakan sosok yang paling dekat dengan anak.  Seiring berjalannya waktu peran ini kemudian bergeser. Dalam pandangan modern urusan rumah tangga dikerjakan secara bersama-sama termasuk mengasuh anak. Kegiatan bersama-sama ini disebut dengan co-parenting.

Jadi jika dijaman modern seperti sekarang ini masih ada ayah yang alergi dengan urusan mengasuh anak, maka ia termasuk orang yang masih tradisional. Padahal pandangan seperti ini harus dihilangkan, bukan berarti ini adalah gerakan emansipasi wanita. Namun dari segi perkembangan anak, peran kedua orang tua secara seimbang memang sangat diperlukan. Dasarnya adalah sebuah rumah tangga dibangun berdua, jadi semua urusan yang ada didalamnya merupakan tanggung jawab bersama. Namun karena berbagai alasan, Tanggung jawab bersama ini tidak selalu berjalan lancar. Banyak orang tua modern mengorbankan tenaga, materi, waktu dan lain-lain untuk bisa menjadi orang tua yang baik. Pengorbanan ini memang harus dilakukan agar anak yang kita cintai tumbuh dengan sempurna baik dari segi sosial, intelektual, spiritual dan juga emosional. Termasuk waktu luang yang lebih banyak, harus diusahakan oleh seorang ayah agar anaknya tumbuh sempurna.

Tulisan kali ini akan membahas tentang peran ayah, sempurnakan pertumbuhan anak. Hal ini memang benar adanya. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan betapa penting peran pengasuhan ayah dalam masa pertumbuhan anak. Manfaat peran ayah dalam pertumbuhan diantaranya adalah :

  1. Kepercayaan diri

Anak yang tumbuh  dengan pengasuhan yang sempurna antara kedua buah pihak, akan menyebabkan anak tumbuh dengan kepercayaan diri yang baik. Sosok ayah yang selalu memotivasinya keberadaan anak dan merupakan pelindung yang baik bagi anak. Sehingga anak akan selalu merasa aman. Ayah merupakan sosok hero bagi anak sehingga keberadaanya selalu diinginkan.

  1. Teman sejati

Keberadaan ayah disamping pertumbuhan anak akan menjadikan ayah menjadi sosok teman sejati. Ayah yang yang berperan sebagai pendengar yang baik sangat cocok menjadi teman sejati. Sosok teman yang tidak terlalu sibuk menyalahkan. Jika demikian maka dalam masa pertumbuhannya kelak anda tidak perlu khawatir karena hari-hari anda akan penuh dengan cerita.

  1. Idola

Sosok ayah akan menjadi idola bagi anak perempuan. Kelak ketika anak dewasa maka ia akan memiliki gambaran tentang sosok pendamping hidup. Maka dari itu mulai sekarang anda harus menjadi sosok ayah yang baik sehingga kelak ia akan mendapatkan sosok pendamping yang baik pula.

  1. Positif thingking

Ayah dan ibu dalam rumah tangga merupakan gambaran masa depan yang akan dijalani anak. Sehinga untuk menanamkan positif thingking pada anak, anda berdua harus kompak setiap saat dan saling mengasihi satu sama lain. banyak anak muda sekarang yang tidak mau menjalin rumah tangga hanya trauma melihat rumah tangga orang tuanya berjalan buruk. Tidak mau kan anak kesayangan anda tumbuh seperti itu? Mulai sekarang jika anda ada perselisihan dengan pasangan maka jangan pernah sekalipun ditunjukkan pada anak. Positif thingking yang ditanamkan pada anak sejak dini akan menarik hal-hal baik juga untuk anak dimasa yang akan datang.

 

  1. Mental yang kuat

Dengan adanya kedua orang tua dalam masa pertumbuhan anak  maka sempurna juga pertumbuhan mentalnya. Walau bagaimanapun, cinta yang tulus dari orang tua akan menjadi anak menjadi pribadi yang kuat. Anda bisa membandingkan anak yang tumbuh dari keluarga sempurna dengan anak yang tumbuh dilingkungan keluarga yang tidak sempurma,  baik karena perceraian, kematian atau penelantaran. Secerdas apapun anak yang tumbuh dari keluarga tidak sempurna maka mentalnya akan tumbuh tidak sempurna.

 

Semoga bermanfaat dan mari bekerja sama dengan pasangan dalam pengasuhan anak, sehingga anak akan tumbuh dengan sempurna. Salam happy family.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>