Tampil Cantik dan Sehat dengan Jeruk Nipis

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

jeruk

Jeruk nipis tentu saja merupakan buah yang senantiasa setia menghuni lemasi es anda. Jeruk nipis bukan hanya berperan sebagai pelengkap bumbu dapur namun bukan rahasia lagi jika keberadaannya penuh dengan manfaat. Sudah banyak orang yang membahas percaya dengan khasiat dari jeruk nipis. Rasanya yang asam sehingga banyak yang beranggapan bahwa jeruk nipis banyak mengandung vitamin C. Selain itu anda sudah tak asing dengan keberadaan nama dan juga gambar jeruk nipis di beberapa produk kosmetik, berbagai macam minuman dan juga berbagai merk detergen. Dalam label beberapa produk tersebut juga disertai dengan keterangan manfaatnya. Sehingga anda bisa mendapatkan infomasinya dengan mudah.

Selain sebagai ektrak dari berbagai macam produk tersebut, jeruk nipis juga mempunyai manfaat yang secara langsung bisa digunakan tanpa melalui proses olahan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat jeruk nipis yang bisa menjadi referensi anda.

1. Mengankat sel kulit mati
Jeruk nipis dapat mengankat sel kulit mati. Gimana caranya? Berdasarkan penelitian ternyata jeruk nipis mengandung  AHA (alpha hydroxy acids) yang dapat berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Oleh karena itu ektrak jeruk nipis sering digunakan dalam produk kosmetik keccantikan. Namun anda juga bisa menggunakannya secara langsung. Manfaat pertama adalah untuk wajah.  Wajah yang bersih dari kulit mati akan terlihat lebih bersinar. Disini jeruk nipis fungsinya untuk mengangkat kulit mati tersebut. Caranya adalah dengan mengoleskan perasan jeruk nipis ke wajah dengan menggunakan kapas. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini dua haru sekali.

Fungsi kedua, jeruk nipis juga bisa menyehatkan kuku anda. Untuk merawatnya anda perlu satu buah jeruk nipis kemudian diperas dalam wadah baskom yang dicampur dengan air hangat dan juga garam secukupnya. Rendam tangan atau kaki anda dalam larutan tadi selama sepuluh menit. Tahap selanjutnya adalah sikat kuku tangan dan kaki anda, dan anda akan melihat kuku anda berkilauan.

2. Obat batuk dan juga flu
Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat batuk dan juga flu. Resep yang telah banyak dimiliki masyarkat, pada umumnya dengan mencampurkan perasaan jeruk nipis dengan kecap. Namun tidak semuanya suka resep ini. Paduan rasa asam jeruk dengan rasa manis kental kecap menjadikannya rasa yang unik. Namun bagi ada yang tidak menyukainya, maka anda tetap bisa  menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasarrnya. Caranya simple, cukup peras jeruk kemudian campur dengan gula dan juga air panas. Minum setiap menjelang tidur. Untuk flu manfaatkan uap air panas tadi untuk melegakan hidung yang tersumbat.

3. Jerawat
Jeruk nipis ternyata juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan menggosokkan jeruk nipis yang telah diiris ke wajah sampai merata. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas. Bilas dengan menggunakan kasa serta arah bilasan ke atas. Hal ini berguna untuk mengencangkan kulit anda. Jika jerawatnya tipe yang besar maka setelah mengoleskan jeruk nipis dan kemudian dibilas anda bisa mengoleskan minyak tawon dan biarkan semalam hanya khusus dia diarea jerawat tadi. Minyak tawon berfungsi untuk membakar lemak jerawat. Alhasil jerawat anda akan kempes keesokan harinya.
4. Melangsingkan Badan
kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dipercaya bisa untuk melangsingkan badan. Caranya adalah dengan mengambil air dari jeruk nipis sebanyak lima buah perhari. Lakukan ini setiap hari sebelum makan. Penting untuk menjadi cacatan bahwa apapun yang kita lakukan harus terlebih dahulu kita percayai walaupun belum tahu hasilnya, akan menjadi percuma bahwa kita melakukan sesuatu hanya karena orang lain bukan karena sebuah kepercayaan. So selamat mencoba.

5. Menambah Stamina
manfaat berikutnya dari jeruk nipis adalah untuk stamina yang lebih baik. Jika anda merasa capek dan tidak enak badan ada baiknya anda mencoba wedang rempah. Caranya adalah dengan mencampurkan irisan jeruk nipis dengan berbagai rempah seperti serai, kayu manis, cengeh, jahe, gula jawa kalau ada gingseng kering. Semua bahan tadi direbus kira-kira 10 menit. Wedang rempah ini akan mengembalikan kondisi tubuh anda pada titik vit.

Have a good life

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>