Tips Memilih Jurusan yang Tepat

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Tips Memilih Jurusan yang Tepat

Banyak orang hidup untuk orang lain. Hidup hanya untuk mendapatkan penilaian baik dari orang lain, dan cenderung untuk menghindari anggapan buruk orang lain. Namun pernahkan anda berfikir “apakah yang benar-benar saya inginkan?”.

Masa depan adalah milik anda bukan milik orang lain. Begitupun dengan memilih jurusan yang benar-benar tepat untuk anda. Walaupun sudah keharusan untuk berbuat baik kepada sesama. Bukan berarti harus menghilangkan siapa diri kita yang sesungguhnya. Berbuat baiklah dengan sesama hendaknya dilakukan dengan hati yang senang dan juga tulus. Bukan hanya sekedar ingin dianggap baik oleh orang lain.

Pengambilan jurusan adalah salah satu gerbang untuk menggapai masa depan yang cerah. Oleh karena itu ketika mengambil jurusan hati dan pikiran anda benar-benar satu misi. Karena jika keduanya tidak kompak maka yang aka nada akhir yang tidak baik.

Berikut ini beberapa tips memilih jurusan sesuai dengan benar sesuai keinginan anda,

  1. Kenali diri

Kenali diri

Tarik nafas tiga kali, hembuskan. Pastikan hati dan pikiran dalam kondisi tenang. Setelah focus maka tanyakan pada diri anda “apakah bakan yang aku miliki?” untukk menjawab pertanyaan ini dengan logis maka ingat-ingatlah beberpa pelajaraan yang telah anda ikuti. Dari beberapa pelajaran itu manakah yang paling ada sukai. Jika masih bingung maka liahatlah nilainya. Dari sekian nilai itu yang paling bagus yang mana. Pertimbangan ini bisa digunakan untuk memilih jurusan.

Setelah anda melihat nilai maka anda akan langsung kroscek pada memori anda, apakah benar pelajaran dengan nilai terbaik itu adalah pelajaran yang benar-benar anda sukai.

  1. Sukai

Sukai pilihan jurusan

Memori dan nilai adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kemampuan dan juga kemauan anda dalam pelajaran. Selain itu anda bisa menggunakan hati dalam memilih jurusan. Pilihlah jurusan yang benar-benar anda sukai. Karena jika anda telah suka maka anda akan menjalani kuliah dengan nyaman dan juga maksimal. Sehingga pretasi akan mudah untuk diperoleh

  1. Wujudkan mimpi

Wujudkan mimpi
Untuk tips yang ketiga ini modalnya adalah mimpi. Jika nilai anda tidak bagus dalam bidang yang anda sukai maka cukup bermimpi dan mewujudkannya. Walaupun ini terkesan konyol namun kebanyakan orang sukses berawal dari mimpi yang orang lain tidak pernah menganggapnya ada. Bermimpilah kemudian fokus untuk menjadikannya nyata.

Jangan sampai keliru membedakan anara mimpi dan ambisi. Mimpi akan diwijudkan dengan cara-cara yang baik dan halal. Sedangkan jika ambisi maka apapun akan dilakukan, tak perduli itu halal atau haram. Maka bermimpilah, fokus mewujudkannya dan terima hasilnya. Untuk anda yang masihbingung mengambil Jurusan kuliah maka, ambilah jurusan yang dapat mengantarkan anda menuju mimpi.

  1. Menjalani hidup

Jalani Hidup

Jika anda tidak percaya dengan mimpi bukan berarti harus mendahului kehendak Ilahi. Cukup bermodalkan rasa suka terhadap jurusan yang anda pilih. Jalani dengan baik, maka tidak akan pernah sia-sia. Karena menanam pasti akan memanennya. Jadi ketika anda menjalani kuliah dengan baik dan benar, maka Allah akan menyediakan tempat terindah intuk anda dimasa yang akan datang.

  1. Keyakinan penuh

keyakinan penuhKita harus sadar bahwa sesungguhnya yang memberi pilihan jurusan adalah Allah, maka ketika anda masih bingung tetang jurusan yang akan anda pilih alah meminta petunjuk hanya kepada-Nya. Masalah rejeki, orang tua yang belum setuju dengan pilihan ada. Maka jalan satu-satunya andalah curhat dan minta hanya kepada –Nya.

Selamat memilih jurusan, karena hidup itu punya kita maka cobalah memilikinya.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>