Tips Mengatasi Mabuk Kendaraan tanpa Obat

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

travel sickness

Mabuk saat perjalanan memang sangat tidak mengasikkan. Hal ini membuat perjalan menjadi suram dan tentu saja sangat menyiksa. Perjalanan yang seharusnya menyenangkan harus dirusak dengan kondisi yang buruk saat mabuk. Sebagian orang memang sudah langganan terkena mabuk darat. Setiap kali naik kendaraan selain motor maka akan mabuk. Namun anda tidak perlu merasa cemas berlebihan, artikel ini akan memberikan tips mengatasi mabuk kendaraan tanpa obat untuk perjalanan anda yang menyenangkan. Secara medis mabuk kendaraan disebabkkan karena hidung yang sensitif terhadap bebagai bau. Sehingga menimbulkan kombinasi bau yang tidak enak. Kedua, posisi duduk yang terlalu lama serta kondisi mobil yang sesak maka pasokan oksigen keotak menjadi kurang. Ketiga, kondisi jalan yang tidak rata dan juga berliku menjadikan tubuk shock karena tidak mampu beradaptasi. Begitu juga dengan kendaraan seperti pesawat dan juga kapal. Hal ini dapat menjadi pemicu mabuk kendaraan. tips mengatasi mabuk kendaraan tanpa obat berikut ini akan menjadikan perjalanan anda menyenangkan.

1. Kondisi fit
Sebelum berangkat menggunakan kendaraan, anda harus memastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit. Kondisi yang akan memperparah perjalanan anda adalah ketika kondisi badan sedang demam dan juga kembung. Kendaraan yang ber AC tidak cocok untuk anda. Penting untuk menjadi pertimbangan selanjutnya adalah kondisi baju harus benar-benar kering. Berdasarkan pengalaman, karena suka terhadap baju tertentu sehingga memaksanakan baju yang baru dicuci kemudian disetlika jadi keringnya tidak sempurna. Hal ini adalah pemicu mabuk kendaran yang sepele namun penting.

2. Perut terisi
Banyak orang bilang untuk menghindari mabuk maka cara terbaik adalah dengan membiarkan perut dalam kondisi kosong, agar jika muntah maka tidak ada yang dimuntahkan. Hal ini tentu saja salah karena jika perut kosong maka muntah akan terasa menyakitkan dan menguras tenaga. Dan yang dikeluarkan hanya cairan bening saja. Kondisi yang demikian ini akan menyebabkan anda dehidrasi dan kemudian lemah. Bagaimana jika perjalananya malam atau dini hari? Tidak mungkinkan mau sarapan sepagi itu? Perut terisi bukan berarti makan yang berat seperti nasi, ketika perjalanan anda malam hari maka anda bisa menjadikan roti dan air putih sebagai pengganjal perut. Dua tips pertama ini adalah sebagai pencegah. Berikutnya jika anda telah mabuk maka point berikutnya bisa menjadi referensi.

3. Pengalihan pikiran
Bagaimanapun kondisi mabuk kendaraan sangat dipicu pleh pikiran yang tidak menyenangkan. Dengan demikian, ketika perut sudah mualai terasa aneh maka yang singgah kepikiran adalah “perut mual, mau muntah, mau muntah, mau muntah”. Jika demikian sebaiknya anda melakukan pengalihan pikiran. Fokuskan pikiran pada hal lain jangan sampai memikirkan perut yang mulai bergejolak. Misalnya berfikir hal-hal yang akan anda lakukan ketika sampai ditempat tujuan. Atau bisa juga memikirkan hal-hal lucu atau romantis dari berbagai film kesayangan.

4. Bernyanyi
Beryanyi adalah metode yang pas untuk pengalihan pikiran. Ketika perut sudah mual maka dengarkan music kesayangan dan ikutlah bernyanyi. Maka konsentrasi anda akan beralih ke musik. Dengan bernyanyi maka perjalanan akan terasa menyenangkan

5. Rileksasi
Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan relaksasi. Pertama ambil masker untuk mencegah bau yang begitu menyengat dari luar. Setelah itu posisikan tubuh senyaman mungkin. Pejamkan mata dan alihkan pikiran kepada sesuatu yang menyenangkan. Setelah itu rilekskan tubuh anda serileks mungkin sehingga tubuh anda siap untuk tidur. Tidur adalah solusi terbaik mengatasi mabuk. Namun banyak orang tidak bisa tidur ketika mual, namun kuncinya terletak pada pengalihan pikiran.

Demikianlah tips mengatasi mabuk kendaraan tanpa obat. Jadikan obat adalah pilihan terakhir untuk mengatasinya. Dan setelah sampai pada tujuan maka anda bisa meminum minuman hangat sebagai penyetabil kondisi pertu. Semoga perjalanan anda selalu menyenangkan.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>