Tips Sehat saat Lebaran

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Tips Sehat saat Lebaran

Tips Sehat saat Lebaran

Hari kemenangan sebentar lagi tiba, maka suka cita menyambutnya sangat terasa. Banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut lebaran, mulai dari bersih-bersih rumah, buat kue hidangan lebaran dan sebagainya. Semua telah dipersiapkan dengan baik, sehingga tubuh harus tetap sehat agar mampu menikmati lebaran dengan bahagia dan silaturahmi berjalan dengan sempurna.

Lebaran sangat identik dengan berbagai sajian makanan dan minuman. Namun kalautidak terkontrol maka akan mempengaruhi keseharan anda. Beberapa masalah yang sering muncul saat lebaran yang berkaitan dengan kesehaan adalah diare, kembung, pising, batuk, pilek dan lemah. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak terkontrol.

Lebaran oleh kebanyakan orang dijadikan ajang balas dendam karena selama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, dimana puasa membatasi waktu makan. Jadi saat lebaran dengan berbagai hidangan tersedia maka hal itu dinikmati begitu saja. Selama sebulan berpuasa maka perut membutuhkan adaptasi jika ingin kembali pada rutinitas makan secara normal. Jangan sampai makan rakus saat lebaran, karena yang terjadi bukan nikmat namun akan mengakibatkan ganguan pada tubuh anda.

Berikut ini beberapa tips sehat saat lebaran.

Menjaga niat
Puasa adalah upaya untuk menjaga diri dari nafsu. Kebahagian lebaran adalah kebahagian iman,bukan kebebasan tentang waktu makan. Maka dengan begitu perut dan otak akan selalu selaras.

Tidak sarapan saat sholat ID
Lebaran adalah hari pertama dimana kita tidak melakukan sahur, sehingga setelah sholat subuh dan sampai berangkat sholat ID maka jangan sarapan. Hal ini dilakukan agar perut melakukan adaptasi terhapap perubahan pola makan baru. Intilahnya perut tidak merasa shok.

Batasi makanan
Setelah sholat ID dan persiapan utuk lebaran maka jangan sarapa terllu banyak atau jangan sampai kenyang. Karena saat silaturahmi anda akan disuguhkan berbagai macam hidangan. Cicipi walau hanya sedikit. Dari dimensi social mencicipi makanan yang dihidangkan maka merupakan bentuk solidaritas kelompok dan bentuk penghormatan.

Pilih jenis makanan
Saat lebaran anda harus selektif terhadap makanan, jangan asal makan saja karena akan berdampak butuk teradap kesehatan anda.hindari makanan yang terlalu pedas atau asam. Makanan yang berbahan dasar tape juga tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak, maka hindari makanan ini. Anda harus memahami karakter perut anda, Jangan sampai campuran makanan yang anda konsumsi menyebebkan anda sakit. Makanan yang sering dijumpai saat lebatan adalah nastar, kastenges, madumonso, semangka ,jeruk dan salak. Maka anda harus benar dalam mencampurnya dalam perut anda. Pilihlah makanan yang sehat dan segar. Untuk minuman juga beraneka rasa dan warna dengan begitu anda juga harus waspada karena bisa menyebabkan batuk dan pilek.

Waktu makan
Ubahlah mindset anda bahwa makan tidak harus dengan nasi. Saat lebaran perut anda akan terisi secara terus-terusan maka untuk ptoses adaptasi jangan makan siang. Cukup makana yang anda makan itu sudah mencukupi kebutuhan tubuh anda. Anda bisa makan nasi setelah sore atau malam

Olah raga
Saat lenbaran anda bisa mekakukan olah raga. Caranya adalah perbanyak jalan kaki saat malakukan silaturahmu. Dengan demikian proses metabolism makanan akan berlangsuing dengan cepat, dengan demikian anda tidak akan merasa sebah seperti perut banyak anginnya.

Istirahat cukup
Walaupun lebaran namun anda juga harus istirahat sejenak. Lebaran memang menyenangkan sehingga harus dijalani dengan menyenangkan. Setelah dhuhur maka beristirahatlah dan baru setelah itu anda bisa istirahat.

Semoga tips sehat lebaran ini bermanraat, selamat hari raya idul fitri.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>