Tips Sukses UNBK 2016

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

tips cbt

Tips sukses UNBK 2016

Tinggal menghitung hari lagi anak-anak kelas XII akan segera menghadapi ujian nasional. Tahun ini baik yang tulis maupun UNBK kabarnya akan dilaksanakan pada bulan april. Moment ini, harapannya adalah moment seumur hidup sekali dengan hasil yang gemilang. Mau sukses UNBK 2016? Nah simak tips berikut ini!

1. Siapkan mental juara

Mental disini bukan grogi atau tidaknya menghadapi UNBK atau gematarkah saat memegang mouse? Bukan itu yang dimaksud. Mental disini adalah kesiapan anda dalam materi maupun kepercayaan diri. Percuma semua materi menguasai, jika tidak percaya diri. Akhir-akhir ini banyak jasa yang menjual kunci jawaban. Sehebat apapun sevice mereka tidak usah menggunakan jasa itu, karena jika itu dilakukan maka anda tidak percaya pada diri sendiri. Sejak awal katakana pada diri anda “saya siap UNBK dan siap berprestasi”

2. Tinggalkan kebiasan buruk

Kebiasaan buruk yang hanya akan menghambat prestasi anda sebaiknya buang jauh-jaun. Kebiasan buruk seperti “nongkrong” pulang larut malam, game online maupun offline sampai lupa waktu, nonton K drama dan fim-film lain sampai berlarut-larut, dan kegiatan yang tidak produktif lainnya segera tinggalkan saja. Bukannya tidak boleh namun semua harus seimbang. Penghambat terbesar dalam hidup adalah diri sediri. Tentukan minat anda sekarang SUKSES atau TIDAK SUKSES!

3. Disiplin dan konsisten dalam Belajar

Disiplin dan konsisten dalam belajar merupakan tips berrikutnya yang harus menjadi prioritas. Belajar tidak perlu lama melainkan konsisten setiap hari misal 1 jam setelah isyak atau setelah subuh. Maka lakukan kegiatan ini secara konsisten sehingga hasilnya akan maksimal. Jangan biarkan menunda-nunda belajar akan menjadi faktor utama penyesalan akibat kegagalan.

4. Memahami Pelajaran

Memahami pelajaran merupakan hal yang pokok untuk dikuasai. Mumpung masih ada waktu silahkan sering-sering berdiskusi dengan teman atau guru mata pelajaran. Berdiskusi juga akan meningkatkan kepercayaan diri sehingga anda nanti akan benar-benar siap.

5. Ibadah

Sebagia pelajar yang baik maka jadikan ibadah sebagai kunci yang paling ampuh dalam menghadapi apapun termasuk UNBK. Sebuah keyakinan yang harus tertanam kuat bahwa ibadah merupakan jalan yang paling tepat, setelah usaha untuk medapatkan sukses. Sholat lima waktu menjadi kebutuhan, sholah sunah menjadi kepuasan batin. Jika masih ada yang susah bangun malam untuk tahajud maka tidak ada alasan untuk meninggalkan dhuha. So terus semangat beribadah untuk sukses UNBK dan kehidupan yang akan datang.

6. Perilaku

Apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak pada esok hari. Itu pasti! Jika hari ini berbuat baik maka esok juga akan menerima kebaikan. Dan jika hari ini berbuat buruk maka esok akan menerima keburukan. Jadi pastikan dalam proses mengerjakan UNBK nanti anda kerjakan dengan jalan yang benar dan halal sehingga akan membawa berkah bagi kehidupan yang akan datang. Berikutnya adalah sayang terhadap orang tua, sudah bukan rahasia lagi bahwa doa orang tua akan mempermudah jalan menuju sukses.

7. Ikhlas

usaha sudah dilakukan dengan maksimal maka yang terakhir adalah ikhlas. Ikhlas dan yakin bahwa semua yang telah dilakukan tidak akan pernah sia-sia. Karena jika telah merasakan ikhlas dalam hati maka bawaannya akan tenang. Tidak perlu resah, ragu dan khawatir. Cukup yakin dengan segala usaha yang dilakukan maka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat, buat anda bangga pada diri sendiri dan juga orang-orang terdekat yang menyayangi anda dengan sempurna.

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>