UNBK Siapkah?

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) ini merupakan kebijakan baru dalam pendidikan yang cukup membuat banyak sekolah berusaha keras untuk mewujudkannya. Ujian Nasional Berbasis Komputer merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media. Hal ini dilakukan sebagai simbol kemajuan jaman yang semuanya berbasis komputer.

Pada dasarnya UNBK bukan hal yang baru harena sistem ini sudah dilaksanakan pertama kali di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) pada tahun 2014. Hasilnya sungguh memuaskan sehingga menjadi semangat baru untuk mengembangkan literasi peserta didik terhadap TIK. Bedasarkan informasi dari unbk.kemdikbud.go.id kesuksesan ujian tersebut maka pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan sistem UNBK ini menggunakan sistem semi-online dengan cara soal ujian dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal yang berada disekolah. Pelaksanaan ujian disekolah kemudian menggunakan pelayanan server lokal sekolah secara offline. Pada tahap akhir hasil ujian akan dikirim dari server lokal sekolah ke server pusat secara online atau di upload.

UNBKYUNIK

Persyaratan sekolah peserta UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun pelajaran 2015/2016

  • Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi)
  • Dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:

a. Server

  1. PC/Tower/Desktop (bukan laptop)
  2. Processor Xeon atau i5
  3. RAM 8 GB, DDR 3
  4. Harddisk 250 GB
  5. Operating System (64 bit): Windows Server/Windows8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04
  6. LAN CARD, dua unit
  7. UPS (tahan 15 menit)
  8. Jumlah server mengikuti rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 40 client)
  9. Cadangan 1 server

b. Client (utama dan cadangan):

  1. PC atau Laptop
  2. Monitor minimal 12 inch
  3. Processor minimal dual core
  4. RAM minimal 512 MB
  5. Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/LINUX
  6. Web Browser: Chrome/Mozilla Firefox/Xambro
  7. Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space)
  8. LAN Card
  9. Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 ( 1client untuk 3 peserta)
  10. cadangan minimal 10%.
  11. Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)

c. Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps

d. Jaringan area lokal (Local Area Network–LAN)

Persyaratannya lumayan banyak kan? UNBK merupakan inovasi baru dalam pendidikan namun ada beberapa kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan UNBK, diantaranya:

  1. Sarana prasarana

Kurangnya dukungan sarana dan prasarana. Permasalahan utamanya adalah ketidak sesuaian perbandingan antara jumlah komputer dengan peserta didik. Sehingga yang menjadi pilihan selanjutnya adalah membuat ujian menjadi beberapa sesi, dua sampai tiga sesi. Hal ini juga menjadi faktor yang menyebabkan masalah tersendiri. Akhirnya sekolahan mengeluarkan dana untuk memenuhi jumlah computer.

  1. SDM yang belum memadahi

Untuk menjalankan UNBK diperlukan tenaga ahli yang benar-benar mumpuni. Namun masih banyak sekolah yang belum memenuhi kriteria ini.

  1. Kurangnya informasi

Kurangnya infomasi tentang sistem UNBK menjadikan para operator sekolah kebingungan sehingga persiapan UNBK tidak maksimal.

  1. Mental siswa

Pelaksaan ujian juga sangat menentukan mental siswa. Mendengar nama ujian saja siswa sudah cukup grogi dan khawatir. Bayangan tidak lulus menjadi momok tersendiri bagi mereka. Dan sekarang diberlakukan sistem baru yaitu UNBK atau ujian online. Hal ini menjadikan ketakutan siswa meningkat sangat tinggi. Kondisi ini dikhawatirkan akan hasil ujian yang tidak sesuai dengan harapan.

Maju terus pendidikan indonesia

Share on FacebookShare on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>